Dinas Kesehatan: Capaian BIAN 2022 di Muna Barat Mendekati Target Nasional

203
Kepala Dinas Kesehatan Muna Barat LM Ishar Masiala saat memberikan materi dalam rapat evaluasi BIAN 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kota Kendari, Rabu 13/7/2022.(Foto:Istimewa)

LAWOROKU.COM, MUNA BARAT- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Muna Barat (Mubar) menyatakan keberhasilannya dalam melaksanakan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022.

Sebab sampai dengan 13 Juli 2022 Dinkes Mubar sudah mencapai 65 persen dari target. Dengan capaian ini makin mendekati target Nasional yaitu 95 persen.

Pelaksanaan program BIAN di Mubar sudah dimulai sejak 30 Mei 2022 dan berakhir 30 Juni 2022 mendatang. Dengan target program BIAN sebanyak 19.959.000 anak.

“Mubar capaiannya terbaik dalam pelaksanaan BIAN, dari target 95% kita hampir mencapai itu,” ujar LM Ishar.

Atas capaian tersebut dirinya didaulat menjadi Narasumber dalam rapat evaluasi BIAN yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kota Kendari, Rabu, (13/7/2022).

“Kami di minta untuk menjadi narasumber, terkait kiat-kiat yang dilakukan di lapangan,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan Muna Barat LM Ishar Masiala saat memberikan materi dalam rapat evaluasi BIAN 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kota Kendari
Kepala Dinas Kesehatan Muna Barat LM Ishar Masiala saat memberikan materi dalam rapat evaluasi BIAN 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kota Kendari.

Kata Ishar, Pelaksanaan BIAN 2022 sangat penting demi mencapai target eliminasi campak-rubela/Congenital Rubella Syndrome (CRS) pada tahun 2023, mempertahankan Indonesia Bebas Polio dan mewujudkan Dunia Bebas Polio pada tahun 2026.

Selain itu, BIAN 2022 juga diharapkan dapat menangkal terjadinya Kejadian Luar Biasa Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) lainnya.

Berikut Strategi, Inovasi, Kreasi Pelaksanaan BIAN 2022 di Mubar:

• Penjadwalan pelaksanaan BIAN di Posyandu dan di sekolah sekolah di tandatangani oleh Bapak Sekda Muna Barat

• Pelaksanaan BIAN secara Mobile terkonsentrasi pada seluruh sekolah-sekolah dan seluruh Posyandu di Kabupaten Muna Barat

• Menggerakan seluruh kader Posyandu

• Rapat pertemuan monitoring evaluasi hasil pelaksanaan BIAN Kabupaten Muna Barat

• Monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan BIAN seluruh kepala Puskesmas setiap hari dan rencana pelaksanaan hari berikutnya sesuai jadwal yang ditandatangani oleh Bapak Sekda Muna Barat

• Surat Edaran BIAN yang ditandatangani oleh Bupati Muna Barat Nomor 440/557.a/2022)

• SK tim kerja BIAN yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Muna Barat Nomor 800/93.1/V/2022

• Mengeluarkan Jadwal pelaksanaan BIAN yang  diserta jadwal pelaksanaan Vaksinasi COVID-19

• Daerah Pesisir dan Kepulauan dengan teknik door to door atau dari rumah ke rumah

Untuk diketahui BIAN atau singkatan dari Bulan Imunisasi Anak Nasional adalah upaya yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan tahun 2022 untuk menggenjot cakupan imunisasi rutin anak yang sempat menurun selama pandemi COVID-19.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, terdapat 1,7 juta anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap selama pandemi COVID-19. Terbanyak di Jawa Barat, disusul Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat dan DKI Jakarta.

Pemberian imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat dan lebih produktif. Tak hanya itu, manfaat dari imunisasi juga jauh lebih besar dibandingkan dampak yang ditimbulkan di masa depan.

 

Laporan: Akhir Sanjaya