Diteriaki ‘Lanjutkan’ saat Hadiri Ulang Tahun HIPMI, Jokowi: Nanti Saya Didemo

21
Ilustrasi Demo
Ilustrasi Demo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab soal ujaran “lanjutkan” yang dilontarkan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Mardani H Maming saat perayaan 50 Tahun Hipmi di Jakarta.

Sebelum Jokowi menyampaikan sambutan, Mardani Maming menyerukan kata “Lanjutkan” sebanyak tiga kali di atas panggung saat menyampaikan sambutan pembukaan.

“Saya harus memberikan keyakinan kepada Bapak Presiden Joko Widodo, beliau adalah keluarga HIPMI, beliau adalah Presiden HIPMI pertama, apapun kebijakan beliau di 2024 kita keluarga HIPMI siap mendukung dan mengikuti apa pun petunjuk beliau. Lanjutkan, lanjutkan, lanjutkan!” ucap Mardani.

Merespons ujaran tersebut, Jokowi mengingatkan bahwa menjelang Pemilu 2024, suhu perpolitikan bakal memanas sehingga harus berhati-hati.

“Tadi banyak yang menyampaikan ‘lanjutkan, lanjutkan’. Hati-hati ini tahun politik, bapak ibu yang menyampaikan ‘lanjutkan, lanjutkan’, saya yang didemo,” ujar Jokowi di Jakarta, Jumat.

Jokowi menuturkan pada saat rilis temuan survei Indikator Politik Indonesia pada 10 Januari 2022, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyebut bahwa Pemilu 2024 diminta diundur oleh para pelaku usaha di Indonesia mengingat situasi dunia usaha mulai kembali bergairah setelah terpuruk akibat pandemi.

Saat itu, Bahlil Ladaiha, bersama mantan ketua HIPMI menyerukan kata “lanjutkan” yang memicu polemik.

“Besoknya, enggak ada sehari saya didemo besar-besaran, Lho yang ngomong bukan saya, yang didemo saya. demo dong Pak Bahlil,” tutur Jokowi disambut tawa hadirin.