Gaji ke-13 Cair Paling Cepat Juli 2022, Simak Daftar Penerimanya

75
Gaji ke-13 Cair Paling Cepat Juli 2022
Ilustrasi gaji ke-13.

Pada Juli 2022 mendatang, pemerintah akan melakukan pencairan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Seperti kebijakan pemerintah lainnya, gaji ke-13 diserahkan kepada PNS atau ASN dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Termasuk kepada siapa saja bonus ini patut diberikan.

Melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 16 Tahun 2022, pemerintah telah mengatur ihwal gaji ke-13 termasuk daftar penerimanya di tahun ini.

Aturan tersebut menjadi dasar Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022.

Dalam Pasal 2 PP Nomor 16 Tahun 2022, dikatakan bahwa Pemerintah memberikan Gaji Ketiga Belas Tahun 2022 kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan.

Secara rinci penerima gaji ke-13 diantaranya adalah PNS dan Calon PNS, PPPK, Prajurit TNI, Anggota Polri, dan Pejabat Negara.

Adapun PNS, Prajurit TNI, dan Polri yang dimaksud meliputi mereka yang ditugaskan di luar negeri, ditugaskan di luar instansi pemerintah baik dalam maupun luar negeri, penerima uang tunggu, dan termasuk yang diberhentikan sementara dengan gaji tetap tiap bulannya.

Sebelumnya, pada 14 April 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menguraikan perihal penerima gaji ke-13 PNS.

Dia mengatakan bahwa PNS yang berhak menerima bonus ini mencakup abdi negara yang menjadi penerima THR pada Lebaran 2022/ Idul Fitri 1443 H.

Jokowi mengatakan Gaji ke-13 PNS adalah hak ASN, TNI, Polri, ASN daerah, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan juga Pejabat Negara.

Sementara itu tambahan tukin sebesar 50 persen diberikan kepada ASN, TNI, dan Polri aktif yang memiliki tunjangan kinerja (tukin).

“Pada 13 April 2022 saya telah menandatangani Peraturan Pemerintah tentang pemberian THR dan gaji ke-13 untuk ASN, TNI, Polri, ASN daerah, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Pejabat Negara,” tutur Jokowi, Kamis, 14 April, dalam konferensi pers via virtual.

Adapun Penerima Pensiun yang dimaksud Jokowi dalam keterangan persnya adalah anggota keluarga perwakilan penerima pensiun.

Besaran gaji 13 akan didasarkan pada komponen penghasilan yang dibayarkan pada Juni 2022 bagi masing-masing calon penerima.

Besaran itu meliputi gaji pokok, dengan tambahan tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan, dan tunjangan umum, di luar 50 persen tukin yang telah disinggung sebelumnya. ***