Johny Kamuru dan Suka Harjono Serah Terima Jabatan Kepada Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso

99
Bupati dan Wakil Bupati Sorong periode 2017-2022 Dr. Johny Kamuru dan Suka Harjono serah terima jabatan ke Penjabat (Pj) Bupati, Yan Piet Mosso berlangsung di Aimas Convention Centre (ACC) Sorong, Jumat 26/8/2022. (Foto: Benyamin/Laworoku.com)

LAWOROKU.COM, AIMAS- Bupati dan Wakil Bupati Sorong periode 2017-2022 Dr. Johny Kamuru dan Suka Harjono serah terima jabatan ke Penjabat (Pj) Bupati, Yan Piet Mosso.

Acara serah terima jabatan tersebut berlangsung di Aimas Convention Centre (ACC) Sorong, Jumat (26/8/2022).

Untuk diketahui, Yan Piet Mosso dilantik Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw bersama dua penjabat kepala daerah yakni Penjabat Bupati Maybrat Bernad E Roundonou dan Penjabat Wali Kota Sorong George Yarangga, Selasa (23/8/2022).

Ketiganya dilantik melalui surat keputusan Mendagri Nomor 131/1717/ GPB/2022 tanggal 19 Agustus 2022.

Kedatangan Yan Piet di Bandara Domine Edward Osok (DEO) Kota Sorong, Jumat 26 Agustus 2022

Kedatangan Yan Piet di Bandara Domine Edward Osok (DEO) Kota Sorong juga tak luput dari sambutan masyarakat setempat.

Selain masyarakat unsur Forkopimda juga turut hadir dalam penyambutan orang nomor satu di Kabupaten Sorong itu.

Antusias masyarakat Kabupaten Sorong tak hanya di Bandara DEO saja, namun dalam perjalanan ratusan masyarakat ikut mengawal rombongan Yan Piet menuju Aimas Convention Center tempat berlangsungnya acara serah terima jabatan.

Kegiatan serah terima jabatan diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Pdt.Alex Watimuri, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan kepada Pj Bupati Sorong.

Jhony Kamuru selaku mantan Bupati Sorong dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran dirinya dalam acara tersebut tak lain karena sebagai mantan Bupati Sorong.

Dirinya berharap agar semua lapisan masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintah Kabupaten Sorong untuk selalu mendukung kepimpinan Yan Piet Mosso sebagai Pj Bupati Sorong.

“Saya sudah bilang berapa kali Bupati karateker itu adalah pilihan tuhan, dan kita semua harus mendukung. Semua OPD yang ada harus loyal terhadap Pj Bupati yang baru,” kata dia.

Dirinya menuturkan kedepannya, Pj Bupati tinggal berkordinasi dengan OPD agar lebih mudah melaksanakan tugas yang di berikan.” Saya sebagai warga Kabupaten Sorong akan tetap mendukung,”ujarnya.

“Kita yang ada disini, saya percaya kita semua dalam lindungan tuhan, terima kasih buat semua pejabat yang ikut hadir dalam acara serah terima jabatan ini. Sukses untuk bapak Yan Piet Moso untuk melaksanakan tugas kedepannya,” ucap Kamuru.

Sementara itu, Yan Piet Mosso menyampaikan beberapa pesan yang dititipkan oleh PJ Gubernur kepadanya selaku PJ Bupati Sorong, yaitu untuk meneruskan program-program yang sudah ada.

Ia pun memaparkan sejumlah program dan kegiatan yang akan di teruskan yaitu menciptakan keamanan, ketertiban dengan cara pendekatan terhadap masyarakat dan lembaga-lembaga yang ada, tokoh agama, pemuda dan tokoh politik.

Serta mengoptimalkan ekonomi daerah dan penggunaan anggaran pada tahun 2022, mendukung menyelaraskan program nasional yang ada di daerah,” ujar Yan Piet. 

Melaksanakan pengembangan Kawasan Ekonomi (KEK) agar lebih cepat pertumbuhan dan investasinya, serta mempersiapkan pemilu serta menjaga netralitas aparatur sipil negara dalam pemilu,” tambahnya. 

“Mari kita bersama-sama membangun tanah Malamoi ini menjadi tanah yang makmur. Orang Moi akan menjadi prioritas utama di Kabupaten Sorong ini,” tandasnya.

“Terima kasih kepada semua Forkompinda, serta kepala kepala suku besar untuk mengikuti kegiatan serah terima jabatan Bupati dan Wakil Bupati kepada saya sebagai Pj Bupati yang baru,” ungkap Yan Piet Mosso.

Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw yang diwakili Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Papua Barat A.M Rumbino dalam sambutannya mengatakan sertijab ini bertujuan untuk menjalin komunikasi antar pejabat. Serta seluruh aparatur guna menjamin jalannya roda pemerintahan serta terjaminnya keamanan di Kabupaten Sorong yang kita cintai bersama.

Atas nama PJ Gubernur, Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sorong periode 2017-2022, Dr.Johny Kamuru SH,M.Si dan Suka Harjono S.Sos, M.Si atas jasa yang telah diberikan kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sorong. Semoga memberikan manfaat kepada Pemda dan masyarakat kabupaten Sorong.

“Oleh karena itu guna menghindari kekosongan pemerintahan kabupaten Sorong ,Presiden Indonesia melalu Mendagri mengusulkan untuk mengajukan pengangkatan Penjabat Bupati,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan kalau Pj Bupati dalam memimpin Kabupaten Sorong, harus melaporkan kinerjanya bertahap per tiga bulan, guna menjadi bahan evaluasi Gubernur dan akan disampaikan ke Mendagri.

“Saya mengharapkan agar Pj Bupati membangun komunikasi dengan Forkopimda, Anggota DPRD dan pimpinan OPD, agar tata kelola pemerintahan menjadi clear and clean serta tatanan pemerintahan berjalan dengan baik,” imbuhnya.

“Perlu saya ingatkan penjabat Bupati bukan penjabat politik, penjabat Bupati merupakan perpanjangan tangan pemerintah di derah,”tegas Rumbino.

Atas nama Pemerintah Provinsi Papua Barat, A.M Rumbino, sampaikan selamat bekerja dan menjalankan tugas negara kepada PJ Bupati Yanpiet Mosso. “Tentunya, kemampuan dan integritas saudara akan diuji dalam tugas di derah, dan saya mohon agar tetap bersama sama menciptakan suasana yang damai tentram di kabupaten Sorong yang kita cintai bersama,” pesanya.

 

Laporan: Benyamin Krimadi