Mahasiswa KKN Reguler UHO Desa Awua Jaya 2022, Sukses Selenggarakan Seminar Pertanian dan Ketahanan Pangan

126
Foto Bersama Mahasiswa KKN Reguler UHO Desa Awua Jaya 2022 Dengan Pemerintah Setempat, Usai Melaksanakan Kegiatan Seminar Pertanian dan Ketahanan Pangan di Aula Balai Desa Awua Jaya, Konawe, Sultra, Senin 12 September 2022. (Foto: Ahmad Anzusman/Laworoku.com)

LAWOROKU.COM, KONAWE- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Halu Oleo (UHO) 2022 di Desa Awua Jaya, Kecamatan Asinua, Kabupaten Konawe, Sultra, sukses selenggarakan seminar pertanian dan ketahanan pangan.

Kegiatan itu berlangsung di Aula Balai Desa Awua Jaya, Kecamatan Asinua, Kabupaten Konawe, Senin, (12/09/2022).

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Pegawai Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, Pegawai Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Kapolsek Abuki, Pegawai Kecamatan Asinua, Kepala Puskesmas Asinua dan Masyarakat Se-Kecematan Asinua.

Koordinator Desa Ahmad Anzusman mengatakan, kegiatan ini murni inisiatif dari masyarakat Desa Awua Jaya sendiri, pihaknya hanya memfasilitasi sehingga kegiatan ini terlaksana dan berjalan lancar.

“Saya sangat berterima kasih kepada anak-anak saya (mahasiswa KKN UHO) telah memberikan suatu inovasi, mereka bisa berbuat yang cukup luar biasa bagi desa saya,” ucap Abdul Manaf Kepala Desa Awua Jaya.

Kegiatan-kegiatan seperti ini dapat meningkatkan income pendapatan masyarakat kedepannya,” jelas Abdul Manaf.

Ditempat yang sama Wilham Prajab yang juga pejabat dari Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Konawe mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini karena sangat jarang ada kegiatan serupa dilaksanakan di desa.
Disisi lain melalui kegiatan tersebut dapat mengidentifikasi masalah dilapangan, misalnya seperti pengadaan pupuk bersubsidi dan lain sebagainya.

Dengan adanya kegiatan ini dirinya berharap bisa memfasilitasi kelompok tani dalam mengakses selain pupuk bersubsidi, mungkin kredit usaha rakyat, alat pertanian seperti mesin pertanian pra panen dan pasca panen yakni traktor roda dua, roda empat, mesin pompa air dan lain-lain,” jelasnya

Senada disampaikan Romi perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe, terkait pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat, pihaknya berjanji akan mengadakan pemberian bansos bagi masyarakat Desa Awua Jaya.

“Jadi untuk kegiatan P2L itu, ada bantuan dana non fisik untuk Kelompok Wanita Tani (KWT). Desa Awua Jaya akan menjadi prioritas bantuan ini pada tahun 2023,” ucapnya.

Kata dia, Desa Awua Jaya masuk dalam logos stanting pada 2023, jadi yang masuk dalam logos stanting itu menjadi prioritas untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat bantuan sosial, kalau pintu masuknya sudah jadi kita tinggal mengusulkan.

Selebihnya mungkin akan dilihat dari kebijakan pimpinan apakah masyarakat siap menerima, kalau masyarakatnya siap itu akan menjadi pertimbangan bagi Kepala Dinas untuk menyalurkan bantuan,” tutupnya.

 

Laporan: Nejad Al Djanabi