Meriahkan HPN 2023, USU Gelar Workshop Digital Literasi Media Sosial dan Entrepreneurship

32
Kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 menggelar workshop digital literasi: media sosial dan entrepreneurship untuk generasi milenial bersama ratusan mahasiswa USU, yang berlangsung di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USU Jalan Dr. A. Sofian No.1A, Kota Medan, Selasa (7/2)

Hadir sebagai narasumber Instruktur Sekolah Jurnalisme Indonesia Ahmed Kurnia dan Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FISIP USU Mazdalifah, yang mengupas dinamika media sosial dan entrepreneurship di kalangan generasi milineal, serta pentingkah litersi media digital tersebut.

Instruktur Sekolah Jurnalisme Indonesia Ahmed Kurnia dalam paparanya menyatakan, penduduk Indonesia didominasi warga usia muda yaitu generasi Z (zilenial) rentang usia 8-23 tahun mencapai 75,49 juta jiwa, generasi Y usia 24-39 tahun sebanyak 69,38 juta jiwa, dari total penduduk Indonesia sebanyak 270 juta jiwa.

“Persentase ini merupakan bonus demografi dalam penggunaan media digital. Sehingga kebiasaan mereka adalah mengakses media digital secara multi platform. Sehingga penggunaan media digital ini merupakan budaya baru yang menjadi gaya hidup baru di kalangan milenial dan zilenial,” ucap Ahmed.

Dari data pengguna aktif media sosial Januari 2022, menurut Ahmed, di Indonesia sebanyak 191 juta orang. Pengguna media sosial meningkat 12,35% dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 170 juta orang.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FISIP USU Mazdalifah dalam paparannya menyampaikan, dari pengguna media sosial yang cukup meningkat saat ini, maka diperlukan pemahaman pada pengguna media yang terdiri dari kalangan milenial dan zilenial untuk dapat memahami konten yang bersifat mendidik.

“Karena ada yang sangat rentan dalam mengakses konten media ini yakni anak-anak dan juga para lansia, seperti pornografi, mistik, komersialisasi, hoaks, hate speech, serta kejahatan di ruang digital,” katanya. **(H14/DISKOMINFO SUMUT)