Pemkab Mubar Raih Penghargaan TPID Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota

23
Sertifikat TPID Muna Barat 2023. (Foto/Ist)

LAWOROKU.COM, MUNA BARAT-Pemerintah Kabupaten Muna Barat mengukir sejarah baru dengan raihannya mendapatkan Kota Terbaik Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) 2023 Award.

Penghargaan itu diberikan saat rakornas pengendalian inflasi tahun 2023 sekaligus pergelaran award TPID, di Istana Negara, Jakarta, yang dihadiri oleh Pj Bupati Muna Barat beserta rombongannya, Kamis (31/8/2023).

Kabupaten Muna Barat sebagai praktik terbaik dalam mengendalikan inflasi dengan melaksanakan seluruh instruksi presiden terkait penanganan inflasi,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI selaku Ketua TPID pusat, Airlangga Hartarto.

Penghargaan itu berdasarkan surat keputusan Nomor 306 tahun 2023 bahwa Kabupaten Muna Barat diberikan penghargaan berprestasi kawasan Sulawesi,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muna Barat, Bahri, merasa bersyukur dan bangga dengan kerja keras tim TPID dalam menangani inflasi daerah.

Penghargaan yang didapatkan oleh pihaknya merupakan bukti bahwa telah melaksanakan 6 instruksi presiden serta telah melaksanakan konsep 4K arahan dari pihak Bank Indonesia (BI).

“4K yang dimaksud ialah ketersediaan produk, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga, dan komunikasi efektif dalam melaksanakan seluruh arahan penanganan inflasi,” ungkap Bahri via WhatsApp.

Selanjutnya dalam pelaksanaan instruksi presiden dan arahan Mendagri yaitu Pemda Muna Barat telah melaksanakan sidak pasar, operasi pasar, gerakan menanam cepat panen, kerja sama antar daerah, penggunaan BTT serta subsidi transportasi.

Sehingga dengan pelaksanaan beberapa langkah pengendalian inflasi itu menunjukkan sinergitas antara pemerintah pusat dan Pemda untuk terus bersama-sama melaksanakan gerakan pengendalian inflasi.

Olehnya itu, penghargaan yang diterima oleh pihaknya, ia persembahkan untuk masyarakat Muna Barat, OPD yang tetap bekerja keras serta para pencacah yang ada di tiap pasar, serta Forkopimda yang selalu memberikan dukungan terkait TPID.

Namun, ini tak menjadikannya jumawa atau merasa puas dengan hasil yang didapatkan. Harapannya, semua stakeholder terus bekerja secara sinergis untuk tetap mempertahankan nominasi TPID terbaik.

Sementara itu, penanggung jawab TPID Muna Barat, Nurtin mengatakan, keberhasilan yang dicapai oleh timnya pencapaian luar biasa dan menjadi kebanggaan bagi tim TPID.

“Tentunya keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan pimpinan daerah serta kerja sama Tim TPID,” ungkap Kabag Ekonomi Setda Muna Barat

Maka harapannya ke depan inflasi di Muna Barat semakin bisa dikendalikan sehingga ekonomi juga terus meningkat dan semakin baik.