Pj Bupati Mubar La Ode Butolo Buka Rakercab APDESI

64
Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo saat menghadiri Rapat Kerja Cabang (Rakercab) dan pengukuhan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) DPC APDESI Muna Barat di Restoran dan Cafe Four-Q, Kelurahan Waumere, Kecamatan Tikep, Saptu (20/1/2024)

LAWOROKU.COM, MUNA BARAT- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Muna Barat (Mubar) menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) dan pengukuhan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK).

Kegiatan itu secara resmi dibuka oleh Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo di Restoran dan Cafe Four-Q, Kelurahan Waumere, Kecamatan Tikep, Saptu (20/1/2024).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua APDESI Mubar Armaya, Ketua APDESI Sultra La Ode Alwi Haidatu, Plt. Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan Mubar Jamuddin, Kadis Nakertrans La Ode Sagala, Kadis Pora Al Imran, Kadis Ketahanan Pangan La Ode Aka.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Mubar La Ode Butolo mengapresiasi dan mendukung atas terlaksananya dengan baik atas kegiatan Rakercab yang dilaksanakan langsung oleh APDESI Mubar.

“APDESI merupakan wadah para Kepala Desa untuk berhimpun untuk mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa,” kata Butolo.

Ia berharap APDESI sebagai wadah organisasi desa, secara lokalitas menjadi perekat dari beragam kepentingan desa, terutama pada aspek pembangunan.

Apalagi usia Mubar yang masih seumur jagung, peran-peran strategis Kepala Desa sangat diharapkan oleh Pemerintah Daerah menjadi mitra yang bijak dan energi bagi pembangunan daerah.

Oleh karena itu, APDESI hendaknya dapat mendorong percepatan pembangunan daerah khususnya bagi pelibatan masyarakat desa dalam menginisiasi, mengawal dan mengevaluasi proses pembangunan sehingga dapat mendorong terwujudnya kesejahteraan masyarakat Mubar.

Menurutnya, Pemerintah Desa punya peran penting dalam proses pembangunan daerah sehingga Pemkab Mubar memberikan perhatian khusus bagi pembangunan Desa dan kesejahteraan para Perangkat Desa.

Salah satu bentuk keseriusan Pemda adalah pemberian tambahan insentif bagi RT dan RW melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dalam Alokasi Dana Desa (ADD) sehingga para Kades dapat menggunakan anggaran tersebut sesuai dengan prioritas dan kebutuhan pembangunan di desa masing-masing,” jelas Butolo.

Kebijakan tersebut tidaklah semata merupakan inisiasi Pemda namun sejalan dengan kebijakan presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, dimana dibawah kepemimpinannya telah memberikan perhatian yang sungguh-sungguh bagi kesejahteraan masyarakat desa dan para kepala desa beserta perangkatnya,” kata mantan Kadis PUPR Mubar ini.

Ditempat yang sama Ketua APDESI Mubar Armaya yang juga menjabat sebagai Kedes Lindo, Kecamatan Wadaga mengucapkan banyak terima kasih yang setinggi- tingginya atas kehadiran Bapak Pj Bupati Mubar didalam kegiatan ini.

“Puji syukur kita panjatkan kepada allah SWT, kegiatan ini berjalan dengan berkat kerjasama kita semua,” tutur Armaya.

Armaya juga menegaskan, ia bersama Kades yang lain tetap tegak lurus terhadap pimpinan yakni Pj Bupati Mubar.

“Kades selalu siap, taat terhadap perintah pimpinan, Kades 100 persen tegak lurus Pak, tidak ada yang neko-neko,” ucap Armaya dihadapan Pj Bupati La Ode Butolo.

Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk keberlangsungan pembangunan dan kemajuan Desa-desa se Kabupaten Muna Barat,” jelasnya.

 

Laporan: Akhir Sanjaya