Pj Bupati Mubar Sosialisasi Gerakan Revolusi Mental di Desa Walelei

95
Pj. Bupati Muna Barat Dr. Bahri, S.STP Sosialisasi Gerakan Revolusi Mental di Desa Walelei, Senin ( 22/08/2022). Foto/Laworoku.com

LAWOROKU.COM, MUNA BARAT – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar), Melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Mubar Gelar Sosialisasi Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) di Aula Desa Walelei, Kecamatan Barangka, Senin ( 22/08/2022).

Sosialisasi dibuka Pj. Bupati Mubar Dr. Bahri, S.STP dan dihadiri masyarakat setempat.

Dalam kegiatan ini hadir pula, Plt. Kepala Badan Kebangpol Mubar Hamse, Anggota DPRD Mubar Laode Amin, Spupu Alimin, Kapolsek Lawa IPDA Suratman, Danramil Lawa Kapten Infanteri Syaifuddin, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Mubar Hayril Samandi, Camat Barangka Tamrin.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Mubar Dr. Bahri, S.STP mengatakan, Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) merupakan suatu gerakan nasional bagi bangsa Indonesia dengan tekad mewujudkan tertanamnya nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Dalam Revolusi Mental terdapat lima Gerakan GNRM yaitu Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri, dan Gerakan Indonesia Bersatu,” jelas Bahri.

Kata Bahri, untuk Gerakan Indonesia Bersih yang dicanangkan pemerintah antara lain pada peningkatan perilaku hidup bersih sehat lingkungan keluarga, satuan pendidikan, kerja, dan komunitas. Kemudian peningkatan sinergi penyediaan sarana dan prasarana untuk menunjang perilaku hidup bersih dan sehat.

Gerakan Indonesia Bersih, fokusnya perubahan perilaku hidup bersih dan sehat dalam lingkup masyarakat,” kata Bahri.

“Kita memastikan pengelolaan sampah rumah tangga secara mandiri,” ucap Bahri.

Adapun Program Gerakan Indonesia Bersih, yang difokuskan kepada:

1. Peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat lingkungan pendidikan, lingkungan kerja dan komunitas; lingkungan keluarga,

2. Peningkatan sinergi penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang perilaku hidup bersih dan sehat;

3. Pengembangan sistem pengelolaan sampah yang holistik dan terintegrasi termasuk kali bersih, sarana dan prasarana pelayanan publik;

4. Penyempurnaan peraturan perundang-undangan (deregulasi);

5. Pemberian kemudahan bagi perusahaan/swasta/lembaga yang melakukan pengelolaan sampah;

6. Mengutamakan peran serta masyarakat di dalam menunjang perilaku bersih dan sehat; dan

7. Peningkatan penegakan hukum di bidang kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Untuk diketahui Pemkab Mubar telah melaksanakan 2 dari 5 Program Gerakan Nasional Revolusi Mental, pertama Gerakan Indonesia Bersih kedua Gerakan Indonesia Bersatu dengan membagikan 10 juta bendera merah putih kepada masyarakat Mubar di Desa Latugho Kecamatan Lawa, pada (05/08/2022).

 

Laporan: Nejad Al Djanabi