Pj Bupati Muna Barat Resmikan Gerai Indomaret di Desa Suka Damai Kecamatan Tiworo Tengah

39
Pj. Bupati Mubar, Dr. Bahri saat meresmikan gerai Indomaret yang berlokasi di Desa Sukadamai, Kecamatan Tiworo Tengah. (Foto/Triaspolitika.id)

LAWOROKU.COM, MUNA BARAT- Penjabat Bupati Muna Barat, Dr. Bahri resmikan pembukaan Gerai Indomaret di Desa Suka Damai Kecamatan Tiworo Tengah, Kamis (7/09/2023).

Dr. Bahri dalam sambutannya mengatakan, dengan diresmikannya PT Indomaret di Kabupaten Mubar diharapkan dapat memberikan mamfaat bagi masyarakat Katingan.

Ia juga menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi atas kehadiran gerai Indomaret di wilayah Kabupaten Muna Barat.

Meskipun kehadiran Indomaret menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat, Bahri menegaskan bahwa hal ini merupakan amanat Undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Menurutnya, hal Ini adalah perintah Undang-undang dan Presiden RI Joko Widodo bahwa dalam konteks menciptakan iklim investasi, pemerintah daerah wajib mempermudah masuknya investasi disebuah daerah.

“Kehadiran Indomaret ini merupakan salah satu bentuk investasi dalam memajukan ekonomi masyarakat dan meningkatkan PAD kita” ujarnya

Bahri meminta pihak perusahaan Indomaret dapat memberdayakan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) baik dalam sisi ekonomi maupun sosial.

Pihaknya juga berharap dengan hadirnya gerai tersebut, Indomaret dapat menyerap tenaga kerja lokal demi mengurangi angka pengangguran di Mubar.

Kedepannya, Bahri meminta agar Indomaret juga dapat membangun di wilayah Lawa Raya dan Kusambi Raya dan berharap kepada masyarakat agar dapat menerima dengan baik kehadiran perusahaan ini.

Adi Jati Kusumo selaku pimpinan Indomaret mengatakan kehadiran perusahaan Indomaret adalah pertama kalinya di kabupaten muna barat. Dalam hal investasi bisnis pihaknya memperhatikan masalah ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

Dari segi ekonomi, ia berniat ingin mengangkat program pemerintah terutama pada sembilan bahan pokok yang mengikuti harga nasional.

“Mungkin Pemda setempat bisa menstabilkan harga karena harga di Indomarco ini mengikuti harga nasional” ungkapnya

Dari sisi sosial kemasyarakatan, pihaknya mengakui untuk sementara karyawan yang direkrut baru tujuh orang. Kedepannya, ia berjanji akan lebih memprioritaskan para pekerja lokal dari daerah itu sendiri.

Dari tujuh orang karyawan saat ini, Adi Jati mengungkapkan lima orangnya memiliki kompetensi khusus yang di tempatkan pada posisi strategis.

“Insyaallah, kedepannya 100 persen kami rekrut tenaga kerja lokal karena ini adalah salah satu misi kami juga termasuk para UMKM” tandasnya

Untuk kendala para UMKM selama ini memiliki kendala jaringan pemasaran hasil produksi usahanya namun pihaknya berjanji akan memberikan dukungan dan fasilitas dengan jaringan yang sudah di miliki saat ini dalam memberikan kontribusi para pelaku UMKM.

Dengan kehadiran Indomaret juga ini bukan hanya sekedar bisnis namun ia juga menyiapkan bantuan masker sebanyak 10.000 lembar untuk masyarakat dan para tenaga medis yang di serahkan secara simbolis.

“Kedepannya kami juga akan selalu berkontribusi dalam menggerakkan perputaran ekonomi di kabupaten muna barat” tandasnya