Ratusan Warga Kelurahan di Muna Barat Terima BLT APBD-P 2022

68
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Mubar Laode Tibolo

LAWOROKU.COM, MUNA BARAT- Sebanyak 400 warga Kelurahan di Kabupaten Muna Barat (Mubar) menjadi penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBD-P Mubar 2022.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Mubar Laode Tibolo menjelaskan, kebijakan BLT APBD-P diperuntukkan kepada 400 warga untuk 5 Kelurahan se-Mubar diantaranya 90 warga Kelurahan Lapadaku, 77 Wamelai, 91 Waumere, Tiworo 41 dan Konawe 101.

Tibolo mengatakan, nantinya masing-masing penerima akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 300.000 selama 3 bulan mulai Oktober hingga Desember 2022.

“Untuk tahun ini yang 400 orang itu mereka terima sebanyak 3 bulan, nanti 2023 selama 12 bulan,” kata mantan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Mubar.

Sementara itu, pihaknya pada 2023 nanti akan melakukan pendataan kembali terhadap warga yang belum mendapatkan bantuan yang bersumber dari Pemerintah.

Adapun mekanisme pembayaran BLT APBD-P disalurkan secara tunai kepada penerima manfaat di kelurahan masing-masing,” ujar Tibolo, Minggu (30/10/2022).

“Soal kapan dicairkan, nanti para Lurah akan koordinasi dengan Dinas Sosial untuk kapan dijadwalkan pencairannya,” ungkapnya.

“Kami yang menyerahkan bersama Lurah, nanti mereka (warga) di panggil di kantor kelurahan,” tambahnya.

Menanggapi hal itu, Lurah Lapadaku La Harto menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah daerah telah mengalokasikan bantuan kepada warganya.

“Meski jumlahnya terbilang kecil, tapi bantuan ini adalah bagian dari sikap dan kepedulian Pemerintah terhadap warganya,” ucap Harto.

Sebab BLT ini menurut Harto akan membantu menyangga ekonomi masyarakat dalam masa pemulihan pandemi covid-19 ini.

Sebelumnya pada jumat 28/10/2022) Pj Bupati Mubar Dr. Bahri memberikan secara simbolis BLT APBD-P kepada masyarakat miskin yang ada di tiga wilaya besar di kabupaten Muna Barat.

Penyerahan bantuan ini di lakukan di halaman kantor Bupati Muna Barat, usai upacara hari sumpa pemuda.

 

Laporan: Akhir Sanjaya