Siapkan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah, DHL Kab Sorong Bahas Dalam FGD

91
Pemerintah Kabupaten Sorong melaksanakan Focus Group Discusion (FGD) di aula Baperlitbang, Kamis (13/10/2022).

LAWOROKU.COM, SORONG SELATAN- Sebagai langkah strategis dalam menyiapkan dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah, pemerintah kabupaten (Pemkab) Sorong melaksanakan Focus Group Discusion (FGD) di aula Baperlitbang, Kamis (13/10/2022).

Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Setda Kabupaten Sorong, Papua Barat, Kepas Kalasuat S.Pd,M.Pd dalam sambutannya saat membuka FGD tersebut menyampaikan terima kasih atas kehadiran pimpinan OPD dalam kegiatan ini. Ia mengharapkan semoga kegiatan ini, membawa manfaat dan kebaikan untuk kelangsungan pembangunan di Kabupaten Sorong.

Ia menegaskan bahwa kegiatan ini sangat penting. Pasalnya, kegiatan ini merupakan penyediaan data pembangunan di Kabupaten Sorong. Asisten III juga memberi apresiasi kepada semua pihak dalam penyusunan dokumen perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Saya berharap agar kita dapat berpartisipasi aktif sebagai ajang dalam berkomunikasi untuk membentuk suatu dokumen Penyusunan Dokumen Informasi Pengelolaan Lingkungan Daerah (DIKPLHD),”ujarnya.

Ia kembali mengaharapkan agar, pimpinan OPD terkait dapat selalu bekerjasama sehingga kegiatan ini bukan hanya sebagai program biasa, tetapi juga dapat dilakukan dilapangan untuk memberikan dampak yang baik bagi masyarakat dan lingkungan yang ada.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sorong, Agustinus Asem, SH, M.Si, mengungkapkan bahwa kegiatan FGD ini sebagai penentuan isu prioritas lingkungan hidup daerah, terkait Penyusunan Dokumen Informasi Pengelolaan Lingkungan Daerah (DIKPLHD) Kabupaten Sorong tahun 2022.

“DIKPLHD merupakan suatu kewajiban dari Dinas Lingkungan Hidup terkait dengan dokumen tersebut sangatlah penting bagi suatu daerah dengan standar suatu kabupaten itu layak atau tidak terkait pengelolaan lingkungan hidupnya,”bebernya.

Dipaparkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Agustinus Asem bahwa pelaksanaan DIKPLHD ini Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan para Akademisi serta konsultan Lingkungan Hidup yang ada. sehingga apa yang menjadi masukan dari semua peserta FGD bisa jadikan satu dokumen untuk melengkapi kebenaran dokumen yang sudah ada.

“Setalah kegiatan ini rampung maka kita akan buatkan payung hukumnya, sehingga apapun yang nanti kita lakukan kedepannya dalam pengelolaan lingkungan hidup yang ada di Kabupaten Sorong untuk kesejahteraan masyarakat yang ada,”paparnya.

Lanjutnya lagi kegiatan FGD yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sorong ini untuk membuat suatu dokumen prioritas lingkungan hidup. Dimana hal ini untuk penyediaan data bagi OPD terkait, seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perkebunan dan secara umum data ini bagi Kabupaten Sorong.

Adapun aspek permasalahan lingkungan hidup yang akan didiskusikan yaitu :
– Tata Guna lahan dan laut
– Kulaitas Air
– Kualitas Udara
– Resiko Bencana
– Pengelolahan Wilayah Pesisir
– Perkotaan.

 

Laporan: Benyamin