Tiga Desa di Muna Barat Gelar Pilkades Antar Waktu, Pemungutan Suara Awal Desember

497
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Muna Barat Abdul Nasir Kola

LAWOROKU.COM, MUNA BARAT – Sebanyak 3 desa di Kabupaten Muna Barat (Mubar) akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Antar Waktu melaui Musyawarah Desa. Pilkdes akan digelar pada pertengahan Desember 2022.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mubar, Abdul Nasir Kola, Rabu (16/11/2022).

Tiga Desa yang menggelar PAW yakni Desa Kasakamu Kecamatan Kusambi, Desa Sido Makmur Kecamatan Tiworo Tengah, Desa Santigi Kecamatan Tiworo Utara.

“Ketiganya mengalami kekosongan lantaran kadesnya bermasalah dengan hukum dan meninggal dunia sebelum masa jabatan berakhir,” jelas Nasir.

Alasan kelima desa tersebut menggelar pilkades antarwaktu, karena kades Kasakamu dan Sido Makmur meninggal dunia, sedangkan Kades Santigi yang bersangkutan diberhentikan setelah tersangkut pemalsuan Ijazah,” terang Nasir.

“Kepastian waktu hari pemilihan belum bisa ditentukan, karena kita masih menunggu kesiapan dari panitia desa, tapi perkiraan waktu akan dilaksanakan pada minggu kedua Desember,” ungkap Nasir.

Nasir menjelaskan, saat ini tahapan pilkades sudah masuk pada penyusunan rencana kebutuhan biaya pemilihan. Setelah itu panitia Pilkades mengajukan rancangan kebutuhan biaya tersebut ke Dinas PMD untuk dievaluasi.

“Biaya yang diajukan panitia akan kami verifikasi, nanti kami cek item-item apa saja yang dimasukan,” kata Nasir.

Biaya pemilihan dianggarkan melalui Alokasi Dana Desa (ADD) 2022,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan Pilkades Antar Waktu ini berbeda dengan pelaksanaan pilkades biasa, dimana masyarakat yang telah memenuhi syarat hak pilih boleh memilih sedangkan untuk PAW dipilih melalui utusan dusun dari unsur tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan pengrajin, perwakilan petani perwakilan nelayanan, perwakilan perempuan, perwakilan pendidik dan unsur lain sesuai kondisi budaya setempat.

Masing-masing unsur diwakili 1 orang dan maksimal 5 orang,” ungkap mantan Kadis Pariwisata Mubar ini.

 

Laporan: Akhir Sanjaya