Tim Penilai Lomba Kebersihan dan Administrasi Kampung Distrik Teminabuan Kunjungi Kampug Wehali Dan Magis

56

LAWOROKU.COM, TEMINABUAN- Tim penilai lomba kebersihan lingkungan Kampung dan lomba penataan administrasi kampung tingkat Distrik Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan, mengunjungi sekaligus menilai langsung ke kampung Magis dan Wehali, Sabtu (13/8/2022).

Kunjungan tim penilai dari Distrik Teminabuan itu dalam rangka mengecek secara langsung ke lapangan terkait kebersihan lingkungan kampung dan penataan administrasi kampung. Kunjungan tim penilai di dua kampung ini sekaligus mengakhiri penilaian lomba kebersihan dan lomba administrasi kampung yang di ikuti oleh 14 kampung dan 2 kelurahan di Distrik Teminabuan.

Tim penilai yang dipimpin Kepala Distrik Teminabuan, Joas Saflembolo,SH itu mendapat sambutan hangat dan antusias dari pemerintah dan masyarakat kampung Wehali dan Magis. Pasalnya, lomba kebersihan lingkungan dan lomba penataan administrasi kampung ini kembali di laksanakan pada tahun 2022 ini setelah tidak dilaksanaka terakhir pada tahun 2017 lalu.

Kepala Distrik Teminabuan, Joas Saflembolo dalam sambutannya mengatakan,kegiatan lomba tersebut bukan serta merta untuk menampilkan kampung mana yang terbaik. Tetapi kegiatan lomba ini tujuannya memotivasi seluruh kampung dan Kelurahan di wilayah Distrik Teminabuan agar benar-benar menyelenggarakan tata pemerintahan dan tata kelola administrasi kampung dengan baik, selalu bersinergi dengan pemerintah Distrik tetapi juga antara seluruh komponen masyarakat serta mendorong tumbuhnya kreatifitas, produktifitas dan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu juga, mendorong tingkat kesadaran masyarakat dan pemerintah kampung serta keluarahan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Menjaga dan merawat kebersihan sarana umum pemerintah, seperti gedung sekolah, kantor kampung, gedung Pustu serta sarana umum pemerintah lainnya yang ada di lingkungan kampung.

“Jadi lomba kebersihan lingkungan dan lomba penataan adminstrasi kampung yang kami pemerintah Distrik Temimabuan selenggarakan ini untuk memberi motivasi baru kepada semua aparat kampung dan badan permusyawaratan kampung untuk lebih giat lagi dalam melayani masyarakat,”ujar Joas Saflembolo.

Melalui kunjungan tim penilai lomba ini, Joas mengutarakan bahwa kegiatan ini juga sebagai ajang untuk pemerintah Distrik terun secara langsung bertemu dan berdialog dengan masyarakat dan aparat kampung terkait masalah, kendala pelayanan adminstrasi umum kampung, tetapi juga masalah kebutuhan pembagunan infrastruktur dasar di tingkat kampung.

Lanjut Joas lagi, dari hasil kunjungan tim lomba dan juga laporan yang telah diambil langsung oleh pihaknya akan menjadi data untuk di sampaikan ke pemerintah daerah Sorong Selatan melalui dinas teknis untuk di buat dalam kegiatan dan program pembagunan yang dapat menyentuh langsung kepada masyarakat.

“Selain itu juga pemerintah Distrik bisa secara langsung melihat mengetahui kondisi pelayanan administrasi pemerintah kampung tetapi juga melihat secara langsung kendala dan kebutuhan infrastruktur dasar yang dibutuhkan masyarakat,” tandasnya.

Dirinya berharap melalui lomba ini dapat mendorong pemerintah kampung untuk lebih giat lagi bekerja melayani masyarakat apa bila membutuhkan pelayanan administrasi dari pemerintah tingkat kampung. Selain itu juga,melalui lomba kebersihan lingkungan kampung ini dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan masing-masing warga dan lingkungan kampung pada umumnya.

Ketua tim lomba kebersihan lingkungan kampung dan lomba penataan administrasi kampung, Stince Rouw, SAN memaparkan dalam penilaian ini ada berbagai indikator yang di verifikasi langsung oleh tim penilai. Khusus untuk penataan administrasi kampung indikator yang di cek dan di verifikasi antara lain, administrasi buku tamu, adminstrasi buku ekpedisi, buku surat masuk dan surat keluar, buku agenda tahunan, papan stuktur aparat kampung, monografi kampung dan penilaian sarana prasarana dalam ruangan kerja kepala kampung, sekertaris kampung serta indikator penilaian umum lainnya.

Sedangkan untuk kategori lomba kebersihan lingkungan kampung, Stince Rouw menjelaskan ada sejumlah indikator penilaian yang yaitu, kebersihan lingkungan di lingkungan masing-masing warga tetapi juga kebersihan lingkungan kampung secara keseluruhan dan juga kebersihan sarana dan prasarana umum di kampung. Pemasangan gapura, pemasangan umbul-umbul, dan pemasangan bendera Merah Putih di setiap halaman depan rumah warga. Sumber air bersih yang digunakan warga, Mandi Cuci Kakus (MCK) yang di gunakan warga, serta beberapa indikator penilaian kerbersihan lingkungan lainnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Magis, Tonce Sabru mengapresiasi program lomba kebersihan lingkungan kampung dan lomba penataan administrasi kampung yang di laksanakan oleh pemerintah Distrik Teminabuan.

“Kami masyarakat di kampung Magis sangat menyambut baik program lomba kebersihan kampung dan lomba penataan administrasi kampung yang di programkan oleh pemerintah Distrik Teminabuan. Kami nilai program ini sangat baik, untuk memotivasi kami pemerintah dan masyarakat tingkat kampung,” ungkapnya.

Untuk di ketahui lomba kebersihan lingkungan Kampung dan lomba penataan administrasi Kampung ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sorong Selatan ke 19 yang telah di laksanakan pada tanggal 9 Agustus dan HUT Kemerdekaan Negara Republik Indonesia ke 77.

Nantinya, bagi kampung atau kelurahan yang telah di nilai dan memenuhi indikator penilaian dalam lomba akan diumumkan dan diserahkan hadia pada saat pelaksanaan upacara bendera HUT RI ke 77 tingkat Distrik Teminabuan pada tanggal 17 Agustus yang akan di laksnakan di lapangan upacara SMA Negeri 1 Teminabuan.

 

Laporan: Ben